Peta Dunia
Setelah adanya penggabungan / pemisahan dan juga penukaran nama, banyak negara yang ada diantaranya sangat dikenali umum, telah hilang atau lenyap dari peta dunia .
Inilah beberapa nama negaranya :

Abyssinia - Nama lama bagi Ethiopia hingga awal abad ke 20.

Basutoland - Bertukar menjadi Lesotho pada tahun 1966.

Burma - Nama nya telah ditukar secara resmi menjadi Myanmar pada tahun 1989 namun banyak negara/individu yang tidak menyadari perubahan ini dan masih mengenalinya sebagai Burma.

Ceylon - Menukar nama menjadi Sri Lanka pada tahun 1972.

Rhodesia - Bertukar nama pada tahun 1980 menjadi Zimbabwe.

Zaire - Menukar nama menjadi Republic Democratic Of Congo pada tahun 1997.

USSR - Sering melihat nama ini saat kita menonton film yang bercerita tentang Perang Dunia II? USSR adalah kependekan dari Union of Soviet Socialist Repiblics atau nickname-nya sering disebut Uni Soviet atau Soviet Union . Negara komunis dengan Mikhail Gorbachev sebagai Presiden yang memerintah dari thn 1985-1991 ini adalah negara terluas di dunia. Total areanya mencapai 22,402,200 km2, itu artinya lebih dari 10 kali lipat luas Indonesia ! Awalnya, USSR ini merupakan pengganti pemerintahan yang dulunya dipimpin oleh Kekaisaran Rusia. Tsar Nicholas II memerintah sampai bulan Maret 1917 , yang kemudian digulingkan oleh pemerintahan Vladimir Lenin dalam peristiwa yang dikenal dengan sebuta "Russian Revolution".

Sejarah panjang menjadikan negara beruang merah ini sebagai negara adi daya kedua setelah Amerika Serikat. Persaingan dua negara dalam bidang ekonomi, perdagangan luar negeri, militer, ilmu sains dan ilmu antariksa bahkan sampai bidang olahraga itulah yang sering kita dengar dengan julukan "Cold War" atau Perang Dingin. Perseteruan ini berlangsung dari tahun 1945 sampai 1991.

Jadi ke manakah USSR sekarang? Negara ini engga ke mana-mana kok,tapi berubah nama menjadi Russian Federation setelah USSR dibubarkan pada bulan Desember 1991, dan mengangkat Boris Yeltsin sebagai Presiden Rusia Pertama .
Kesatuan Soviet telah berpecah kepada 15 negara pada 1991 yaitu Armenia, Azerbaijan, Belarus, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Latvia, Lithuania, Moldovia, Russia, Tajikistan, Turkmenistan, Ukraine dan Uzbekistan.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top