Tak semua aksi kejahatan di masyarakat bisa ditanggulangi oleh polisi. Peran aktif warga untuk mencegah hal itu juga penting.
 
 Seperti yang dilakukan para pahlawan yang menggagalkan aksi perkosaan ini Dari sekian banyak kejadian, detikcom merangkum sedikitnya 3 peristiwa perkosaan yang berhasil digagalkan.
 
Pahlawan itu bisa menyelamatkan korban dari tindakan keji yang bisa mengancam keselamatan masa depan korban Berikut 3 Pahlawan Indonesia yg Berani Menggagalkan Aksi Perkosaan dikutip dari lihat.co.id dan news.detik
 

1. Pratu Awang Apri Listianto
Seorang gadis belia naik taksi di Depok. Dia hendak menuju kawasan Jatibening untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Semarang, Jawa Tengah.

Gadis itu menunggu taksi di dekat ITC Depok sekitar pukul 21.00 WIB dan mendapat taksi berwarna kuning. Setelah dinaiki, taksi itu bukannya mengantar ke tujuan, malah membawa sang gadis berputar-putar tak tentu arah. Gadis itu pun curiga, namun ditodong pisau.

Menjelang dinihari, taksi itu berhenti di sebuah lokasi di Depok. Sang sopir kemudian membuka pintu penumpang dan hendak memperkosa gadis itu.

Namun rupanya sang gadis sudah siap untuk melarikan diri. Dia pun mengambil langkah seribu. Sang sopir taksi mengejar dengan mobil.

Di tengah kejar-kejaran itu, datang Pratu Awang. Dia menolong sang gadis dan melaporkan kejadian ini ke Mapolresta Depok. Sang sopir taksi pun belakangan berhasil ditangkap.
 
2. Serda Nicolas
Saat memacu motornya di malam nan sunyi, anggota Kopassus Serda Nicolas Sandi (24) mendengar teriakan perempuan meminta tolong dari angkot C01 yang melintas di Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Ia mengejar angkot itu dan meminta si sopir menurunkan karyawati yang nyaris diperkosa itu.

Nicolas ketika itu tengah berboncengan bersama sang kekasih di kawasan itu, Senin 23 Juli sekitar pukul 23.00 WIB. Nicolas langsung mengejar angkot berupa Daihatsu Gran Max bernopol B 1106 VTE warna putih tersebut.

Nicolas memepet angkot dan menarik tangan sang sopir hingga keluar dari jendela. Ia menggertak sopir itu supaya segera menurunkan si karyawati.

Nicolas lalu meminta pacarnya menolong karyawati yang didorong dari angkot. Sopir dan 4 rekannya langsung tancap gas. Nicolas kemudian menuju Pos Polisi Merdeka Barat dan mengejar pelaku hingga akhirnya tertangkap Atas aksinya, Nicolas akan diganjar penghargaan.ksi Heroik Anggota Kopassus Gagalkan Perkosaan
 
 3 Pelajar SMP Bogor
Tiga pelajar SMP dan MTs Abdurrahman Assegaf, Ilham Maulana dan Aziz, sedang melintas di perkebunan sepi di kawasan Tapos, Bogor. Mereka memergoki aksi A yang sedang berusaha memperkosa seorang remaja putri.

Ketiga remaja itu berboncengan satu motor. Abdur menjadi pengemudi, sementara Aziz dan Ilham duduk di bangku penumpang. Mereka hendak ke atas bukit untuk melepas penat sepulang sekolah. Tiba-tiba terdengarlah suara teriakan minta tolong.

Tanpa pikir panjang, siswa MTS dan SMPN 3 Ciawi itu langsung memberhentikan motor dan parkir di pinggir jalan. Mereka langsung turun ke arah tebing curam dan mencari sumber suara.

Di sana mereka melihat A sedang menindih gadis itu yang berlumuran darah di mukanya. Ketiganya langsung menyerang dan menggelandang A ke satpam perkebunan. Ketiganya menolak uang suap yang diberikan pelaku.

Pelaku A kini dijerat dengan pasal penganiayaan terhadap korban di bawah umur. Sementara para pelajar mendapat hadiah dan penghargaan dari beberapa instansi.




sumber | iniunic.blogspot.com | http://www.lihat.co.id/2013/05/3-pahlawan-indonesia-yg-berani.html

0 komentar:

Post a Comment

 
Top